Sunday, July 6, 2014

Pelit



So Ramadhan is here. Bulan kelaparan sudah tiba. Sudah seminggu tepatnya.

Gw ga perlu jelasin lagi kan kalo gw ga suka bulan puasa? Kayaknya semua udah pada tau. I rant about that every fuckin year. Lo baca aja arsip lama blog ini. Kalo lo belom tau, now you know.

Sekarang gw mau klarifikasi hal2 lain yang ga gw suka di bulan puasa: buka puasa bersama. Well, bukannya gw benci tradisinya atau gimana. I do love meeting up with people, catching up after a very long time. Gw suka banget ajang temu kangennya.

Yang gw ga suka adalah kebiasaan buka puasa bareng di restoran MAHAL.

You see, gw orangnya pelit. Pertama karena gw keturunan Belanda campur Padang, kalo ga pelit, gw bisa kehilangan identitas. Kedua karena gw suka menabung. Dari dulu prinsip gw daripada uang dipake buat foya2, mendingan ditabung. Apalagi gaji gw yang sekarang di bawah standar gaji yang manusiawi, dengan kondisi ekonomi keluarga gw sekarang, ada baiknya gw menabung supaya bisa sekolahin ade gw di sekolah dan kampus yang bagus suatu hari nanti.

Sebenernya gw ga masalah jadi orang pelit. Gw udah pelit dari jaman SD, jadi udah mempanlah dengan segala konsekuensinya. Ga bisa punya barang yang temen2 punya, ga bisa pergi ke tempat2 atau negara2 yang temen2 dateng, ga bisa makan makanan yang enak2, dll.. Itu semuanya gw udah kebal. Gw udah sampai di tahap ga ngiri lagi akan semua itu. Toh walaupun mereka bisa merasakan segala luxury itu, uang gw tetep lebih banyak dari mereka. I’m more financially settled-lah istilahnya.

But don’t get me wrong, kadang-kadang gw loyal juga kok untuk sesuatu. Maksudnya ya, rela keluar duit banyak untuk occasion2 tertentu. Kayak kemarin tuh, konser 2NE1. Ga mikir banget buat beli tiket festival 1,7 juta. Terus taun lalu pas ke Singapore dalam rangka mau liputan (tapi ga jadi), itu juga ga mikir banget buang duit 5 juta buat 4 hari. Ya intinya, at some point gw masih mau keluar duit untuk menikmati hidup gw dengan lebih menyenangkanlah. Tapi ga sering. Jarang. Banget. hahaha~ But it’s okay tho, I can live with that.

Tapi ada satu hal yang bener2 bisa bikin gw ga loyal: makanan. Somehow gw benci banget keluar duit banyak buat makan. Buat gw, makan itu ga harus mahal. Asal kenyang, cukup. Enak atau nggak itu nomer dua. Restoran terkenal atau bukan itu nomer sekian. Bikin lo tampak keren di Path atau nggak, itu sama sekali ga gw peduliin.

Gw benci makanan mahal. My God liat harganya aja udah bikin ga napsu makan~ I mean, buat apa lo keluar duit banyak untuk sesuatu yang bakal lo keluarin lagi dalam bentuk shit beberapa jam kemudian~

Makanya gw suka nolak kalo diajak makan di restoran mahal~

Brengkesnya, di bulan suci ini, buanyak banget ajakan makan di restoran mahal yang bikin gw hard feeling kalo nolak. Ya dari kantorlah, dari temen kuliah/SMA-lah, dari random person-lah.

Fuck me.

Beberapa hari lalu gw diajak buka puasa sama anak kantor di restoran mahal overrated di salah satu mall besar ibukota. Mau nolak ga enak karena dia personally udah adjust jadwal buka puasa sama jadwal gw. Yaudah deh akhirnya ikut. You know gw keluar duit berapa sekali makan di sana? 60 FUCKIN RIBU!

Najis~ Bisa buat makan di kantin 4 hari berturut2, bisa buat ongkos ke kantor 3 hari, bisa buat nabung~

Itu baru satu ajakan buka puasa. So far sampai hari ini, gw udah terjadwal untuk ikut 5 buka puasa bersama lagi. Di restoran2 terkenal yang mahal pastinya. Sebenernya ada lebih dari 5, cuma udah pada gw tolak2 aja. Gila kali~ Kalo sekali makan 60 ribu, 10 kali makan 600 ribu~ Damn that’s a lot of money~ The result after months of hard work………

Seriously I really don’t get the point of meeting up in a fancy restaurant ordering fancy food~ I’m that kind of girl who's easily happy even with a 5k home-made indomie goreng~ I don’t know why I’m supposed to look happy meeting up with bunch of people meanwhile I have to sacrifice my months of hard work for a bowl of something that will turn into shit in couple hours~~~

Tapi gw ga bisa menolak.. T.T

Tekanan sosialnya terlalu besar..

Jadi gw cuma bisa bilang iya untuk ajakan2 itu, pesen makanan paling murah di menu, dan pasang poker face selama makan. While everybody goes “yumm… enak yaa..” I’m like “wtf this shit just robbed me~”

Fufufufufufu~


So everyone, sekarang lo tau alasannya gw ga mau diajak makan2 di mana pun, except harganya murah. I mean, ga harus murah2 banget sih. Kalo mahal dikit tapi reasonable ya gapapa. Misalnya porsinya gede, terus bahannya impor, dll. I let quality speaks for itself sometimes. But in terms of food, I treasure quantity more most of the time.



Period.

Selamat menunaikan ibadah puasa. 

No comments:

Post a Comment